Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Contoh Surat Somasi Pencemaran Nama Baik dan Penjelasan Lengkapnya

Contoh surat somasi pencemaran nama baik dan penjelasannya

Surat somasi merupakan sebuah surat teguran yang dilayangkan oleh seseorang atau sebuah perusahaan sebagai bentuk peringatan atas kerugian yang dialaminya.

Peringatan diberikan sebagai gugatan atas tindakan pelaku yang diduga melakukan sebuah perbuatan yang melanggar hak-hak dari penggugat. 


Salah satu kasus yang seringkali ditemui di dunia maya dan kerap membutuhkan surat somasi sebagai jalan untuk menyelesaikan perkara secara damai adalah perkara pencemaran nama baik. 

Untuk memahami perihal surat somasi pencemaran nama baik dan beberapa contoh surat somasi yang resmi untuk digunakan, simak penjelasan berikut. 


Arti Surat Somasi Pencemaran Nama Baik


Pada dasarnya, surat somasi diberikan kepada pelaku sebagai sebuah upaya penyelesaian perkara sebelum terpaksa melibatkan jalur hukum.

Demi kelancaran proses penyelesaian perkara, pihak yang dirugikan dapat membuat surat somasi secara pribadi ataupun melalui bantuan firma hukum atau pengacara sebagai pihak yang akan melindungi dari berbagai risiko tak diinginkan. 


Pelayangan surat somasi akan diberikan tergantung oleh jenis perkara yang ada, seperti kasus persengketaan yang diurus oleh pengacara hutang piutang, kasus rumah tangga oleh pengacara keluarga, serta kasus pidana dan perdata lainnya. 


Tentunya, harga masing-masing firma hukum akan berbeda satu dengan yang lain, dimulai dari 500.000 hingga mencapai 5.000.000 sesuai dengan objek perkara dan hasil negosiasi antara klien dengan pelaku. Begitu pula dengan perkara pencemaran nama baik. 


Secara khusus dalam kasus pencemaran nama baik, pihak yang merasa dirugikan dapat memberi surat somasi pencemaran nama baik kepada pelaku pencemaran atas dugaan pelanggaran Undang-Undang ITE atau Pasal 310 ayat (1) KUHP. Bahkan, surat somasi dapat dijadikan sebagai bukti terjadinya perbuatan pencemaran nama baik yang dilakukan oleh seseorang saat penggugat pada akhirnya menempuh jalur hukum. 


Contoh Surat Somasi Pencemaran Nama Baik

Agar hasil akhir dari negosiasi dapat menguntungkan bagi kedua pihak, maka penggugat sebaiknya mengetahui serta memahami isi surat somasi pencemaran nama baik yang akan dilayangkan.

Jika permintaan yang diajukan, syarat, serta dugaan tidak dicantumkan dengan jelas, penyelesaian akan cenderung menjadi lebih panjang dan kompleks. 


Agar terhindar dari proses litigasi melalui persidangan, Anda dapat membuat sebuah surat somasi yang tepat dan resmi berdasarkan gugatan yang akan Anda ajukan.

Sebagai sebuah referensi, berikut contoh surat somasi pencemaran nama baik yang sah dan dapat Anda gunakan sebagai referensi untuk menyelesaikan perkara. 


Contoh Surat Somasi Pencemaran Nama Baik  

Contoh surat somasi pencemaran nama baik


SURAT SOMASI PENCEMARAN NAMA BAIK


(Kota), (tanggal, bulan, tahun) 


Perihal: Somasi


Yth.

Bpk/Ibu ____


Di ____


Yang bertanda tangan di bawah ini,


Nama kuasa hukum     : ____

Alamat                         : ____


Berdasarkan surat khusus pada tanggal dikeluarkannya surat somasi, yaitu ____ , kami bertindak untuk dan atas nama klien kami ____


Sehubungan dengan adanya pengaduan dari klien kami ____ yang menyatakan adanya dugaan terkait tindakan pencemaran nama baik yang dilakukan oleh saudara pada ____ di ____


Hal yang dilakukan oleh saudara telah melanggar ketentuan Undang-Undang ITE/KUHP No ____ tentang pencemaran nama baik dan/atau dugaan atas tindak pidana lainnya.


Berdasarkan uraian di atas, kami selaku kuasa hukum memberikan surat peringatan berupa SOMASI kepada saudara untuk:


Tidak mengulangi hal tersebut dan menyatakan permohonan maaf secara langsung kepada klien kami paling lambat 1×24 jam semenjak saudara menerima surat ini.


Memberikan sebuah pernyataan terbuka melalui media sosial saudara atas kesalahan yang telah dilakukan.


Memberi kesempatan kepada saudara untuk menebus kesalahan dengan tidak mengganggu kenyamanan hidup dari klien kami lagi. 


Apabila surat somasi ini tidak dibalas oleh saudara dengan itikad yang baik, maka kami akan mengambil langkah hukum berupa pengaduan kepada pihak berwenang.


Demikian surat somasi ini kami sampaikan, atas perhatian saudara, kami ucapkan terima kasih.


Hormat kami,


Kuasa Hukum 


Contoh Surat Somasi Pencemaran Nama Baik Tanpa Pengacara



SURAT SOMASI PENCEMARAN NAMA BAIK


(Kota), (tanggal, bulan, tahun) 


Perihal: Somasi Pencemaran Nama Baik


Yth. _____


Di _____


Dengan hormat, 


Berdasarkan unggahan akun Anda pada aplikasi Instagram tanggal ____, Anda diduga telah melakukan pencemaran nama baik dengan menghina secara fisik disertai dengan ujaran kebencian. Oleh karena itu, saya meminta Anda untuk segera membuat pernyataan sebagai bentuk klarifikasi serta permohonan maaf dalam waktu 1 x 24 jam di akun Instagram pribadi Anda. 


Jika sampai batas waktu yang telah ditentukan, yaitu semenjak diterimanya surat peringatan ini Anda tidak melakukan hal tersebut, maka saya akan memproses permasalahan ini melalui jalur hukum dengan pihak yang berwenang. 


Demikian surat somasi ini saya sampaikan. Terimakasih atas perhatian dan kerja sama Anda. 


 


Salam, 


_________




Contoh Surat Somasi Pencemaran Nama Baik Pribadi 

Contoh surat somasi pencemaran nama baik tanpa pengacara



SURAT SOMASI PENCEMARAN NAMA BAIK


(Kota), (tanggal, bulan, tahun) 


Perihal: Somasi Pencemaran Nama Baik 


Kepada:


_______


Di Jl ______


Kota ______ 


Dengan hormat,


Saya yang bertanda tangan dibawah ini, 


Nama  : ______ 


Alamat : ______


Saya mengirim surat somasi ini sebagai sebuah peringatan terhadap unggahan pada akun X Anda pada tanggal _____. Dalam unggahan tersebut, Anda melibatkan penghinaan fisik beserta dengan ujaran kebencian. Unsur-unsur yang terdapat dalam unggahan tersebut sangat merusak nama baik dan integritas saya, serta telah menimbulkan dampak negatif pada reputasi yang saya miliki.


Melalui surat peringatan yang saya layangkan, saya berharap Anda dapat segera menghapus unggahan tersebut dan membuat suatu pernyataan atau klarifikasi serta permohonan maaf secara terbuka di akun X pribadi Anda. Dalam waktu 2 x 24 jam, saya berharap Anda telah melakukan segala permintaan yang saya ajukan. Tindakan ini diharapkan sebagai langkah pertama untuk memulihkan kerusakan yang telah terjadi.


Apabila Anda tidak mematuhi permintaan saya, maka saya secara terpaksa harus menempuh jalur hukum dengan dasar dugaan pelanggaran Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik Pasal _____ dan Pasal _______. 


Dalam situasi ini, saya berharap Anda menyadari seriusnya masalah ini dan segera bertindak untuk menghindari konsekuensi hukum yang mungkin timbul.


Demikian surat somasi ini saya layangkan. Atas perhatian dan tindakan yang Anda ambil untuk memenuhi permintaan ini, saya ucapkan terimakasih. 


Hormat saya,


__________


PENUTUP

Anda dapat menggunakan surat somasi untuk memberi teguran dan peringatan sebagai upaya untuk menindaklanjuti penyelesaian perkara terkait pencemaran nama baik yang dilakukan oleh pelaku. 


Setelah mengetahui beberapa contoh surat somasi pencemaran nama baik pada artikel diatas, diharapkan Anda tetap secara bijak dan penuh pertimbangan dalam melayangkan surat somasi untuk bernegosiasi dan mengajukan gugatan. 


Supaya penyelesaian perkara Anda dapat terjamin, Anda dapat menggunakan jasa atau layanan yang disediakan oleh badan hukum untuk membuat suatu surat somasi. Pilihlah pengacara yang terbaik agar kasus dapat terselesaikan dengan aman dan efektif. 

Posting Komentar untuk "Ini Contoh Surat Somasi Pencemaran Nama Baik dan Penjelasan Lengkapnya"